SAKLAR PUSH BUTTON
referensi dari internet
TUJUAN:
1. Mahasiswa memahami rangkaian mikrokontroller dengan interface ke saklar
2. Mahasiswa dapat memahami program assembly untuk mengambil data saklar dan mengeluarkan data ke LED.
3. Mahasiswa memahami beberapa instruksi assembly dasar, MOV, Setb, Clr, RL dan RR.
Gambar 2.1. Rangkaian Interface Push Button
Pada gambar 2.1 tersebut tampak rangkaian push button, bila saklar ditekan maka port sesuai dengan bit tersebut akan mendapat logika low ‘0’ dan sebaliknya bila saklar tidak ditekan maka port tersebut akan mendapat logika high ‘1’.
Percobaan 2.1. Ambil Data Saklar
Pada percobaan ini, LED akan nyala bila saklar ditekan sesuai dengan bit tersebut.
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Buka jumper pada EN_DAC apabila sedang terhubung.
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
3. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
4. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
5. Ketik program berikut ini:
Org 0h
Start: Mov A, P2 ;Ambil data dari P2 dan Simpan ke A
Mov P0, A ;Kirim data A ke P0
sjmp start
end
6. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog21a.asm
7. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
8. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software (Lihat Petunjuk Penggunaan)
9. Lakukan pengamatan pada LED.
Percobaan 2.2. Putar Kanan-Kiri
Pada percobaan ini, LED akan berjalan kekanan atau kekiri mengikuti penekanan tombol P2.0 atau P2.1.
Untuk melakukan percobaan ini lakukan beberapa langkah sebagai berikut:
1. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan power supply +5V
2. Hubungkan modul Microcontroller Trainer dengan rangkaian programmer
3. Buka Program M-IDE Studio for MCS-51, sebagai editor dan compiler program
4. Ketik program berikut ini:
org 0h
CekP20: JB P2.0,CekP21 ; Menguji bit P2.0, apakah adalah logika '1'
call RLeft ; Jika P2.0=0, maka LED putar kiri
CekP21: JB P2.1,CekP20 ; Menguji bit P2.1, apakah adalah logika '1'
call RRight ; Jika P2.1=0, maka LED putar kanan
sjmp CekP20 ; jump forever to CekP2.0
;================================================
;Subrutin ini digunakan untuk menggerakkan LED Ke Kanan
;================================================
RLeft: mov A,#11111110b;send data to Acc
RLeft1: mov P0,A ;send data to P0
call delay ;call delay time
JB P2.1,RLeft2 ;Menguji bit P2.1, apakah adalah logika '1'
sjmp EndRLeft ;Jika P2.1=0, maka lompat ke EndRLeft
RLeft2: RL A
sjmp RLeft1
EndRLeft: ret
;
;==============================================
;Subrutin ini digunakan untuk menggerakkan LED Ke Kiri
;==============================================
RRight: mov A,#01111111b ;send data to Acc
RRight1: mov P0,A ;send data to P0
call delay ;call delay time
JB P2.0,RRight2 ;Menguji bit P2.0, apakah adalah logika '1'
sjmp EndRRight ;Jika P2.0=0, maka lompat ke EndRRight
RRight2: RR A
sjmp RRight1
EndRRight: ret
;=======================================
;subroutine delay time
;=======================================
delay: mov R1,#255
del1: mov R2,#255
del2: djnz R2,del2
djnz R1,del1
ret
end
5. Simpanlah program yang anda ketik dan beri nama : prog22a.asm
6. Pada program MIDE tersebut pilih Build /F9 atau untuk melakukan kompilasi program dari *.asm ke *.hex.
7. Lakukan pemrograman mikrokontroller dengan menggunakan Program ISP Software ( Lihat Petunjuk Penggunaan)
8. Lakukan pengamatan pada LED.
9. Lakukan modifikasi pada percobaan tersebut sesuai dengan dengan mengganti port tersebut dengan P2.2 ( putar kanan ) dan P2.3 ( putar kiri ).
MGM Resorts Casino, Inc. - JTM Hub
BalasHapusThe only way to earn money is to 사천 출장샵 play the casino 제천 출장샵 games in person. 광명 출장안마 You are going to need to use a special card, a 여주 출장마사지 card or 속초 출장마사지 a game device. · There