TEKS BERJALAN

SELAMAT DATANG DI WEB HENRY TORUAN

Rabu, 07 Oktober 2009

Istilah dalam Fuzzy Logic

by : Henry Toruan

1.Crisp input : nilai input analog yang kita berikan untuk mencari degree of membership, contohnya kurang dari 35 tahun untuk usia muda, diantara 35 sampai 55 tahun untuk paruh baya dan diatas 55 tahun.untuk usia tua.

2. Crisp output : nilai output analog yang kita peroleh dari hasil defuzzifikasi, contohnya 6.47 menit untuk waktu pembukaan kran air pada saat suhu 10oF dan kelembaban 90%.

3. Label : kata-kata untuk memberikan keterangan pada scope/ domain misalnya: dingin, normal, panas atau muda, paruh baya, tua.

4. Degree of membership : derajat keanggotaan yang memberikan bobot pada suatu input yang telah diberikan, misalnya suhu adalah dengan derajat keanggotaan 0.5 untuk suhu dingin dan hangat . Batasan dari degree of membership adalah 0-1.

5. Scope/domain : batas dari kumpulan input tertentu. Misal suhu dingin adalah dari 0 – 40o F, normal dari 30-70o F dan panas dari 60-110oF.

6. Input membership function : fungsi input dalam keanggotaannya dan bentuk fungsi keanggotaannya, contoh :

clip_image002

7. Output membership fungsi : fungsi output yang mempresentasikan hasil dari masukan dalam keanggotaannya dan bentuk fungsi keanggotaannya, contohnya :

clip_image004

8. Antecedent : pernyataan dari rule evaluation sebagai keadaan masukan , misalnya if suhu is panas dan kelembaban is kering .

9. Consequent : pernyataan dari rule evaluation sebagai keadaan akibat atau hasil, seperti then lama penyiraman panjang.

10. Rule strength : nilai degree of membership fuzzy output sebagai penyelesaian rule evaluation, contohnya : if temperatur is hot and soil is dry then water duration is long memberi nilai 0.25

11. Strength value : nilai yang diambil sebagai hasil nilai evaluation rule dimana misalnya strength value terkecil diambil sebagai rule strength.

12. Singleton defuzzification : perubahan dari suatu besaran fuzzy ke besaran numerik dari suatu singleton, contohnya COG (Center of Gravity) atau centroid method

Tidak ada komentar:

Posting Komentar